Selasa, 22 Desember 2015

Tempat Wisata dan Kuliner Seru di Kota ATLAS Semarang




Kali ini Simasnet akan membahas kota yang memiliki semboyan Kota ATLAS (Aman, Tertib, Lancar, Asri dan Sihat), yaitu Kota Semarang. Semarang adalah ibukota dari Provinsi Jawa Tengah dan juga merupakan kota terbesar ke 5 di Indonesia. Walaupun tidak seterkenal kota wisata lain, Semarang juga memiliki banyak tempat wisata menarik. Berikut ini adalah  tempat wisata di Semarang yang paling direkomendasikan jika Anda berkunjung ke Semarang :

1. Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah yang berlokasi di kota Semarang, tepatnya di Jalan Gajah Raya. Gajah Raya adalah salah satu masjid termegah di Indonesia yang banyak dikunjungi bukan hanya untuk beribadah saja, melainkan untuk kegiatan wisata juga. Selain bangunan utama masjid, di Masjid Agung Jawa Tengah juga terdapat berbagai fasilitas lain seperti ruang akad nikah, auditorium, perpustakaan, penginapan, museum budaya Islam, kafe, toko cenderamata, kereta kelinci, tempat bermain anak-anak, dan lain-lain.

2. Lawang Sewu

Masyarakat setempat menyebutnya Lawang Sewu (Seribu Pintu) dikarenakan bangunan tersebut memiliki pintu yang sangat banyak. Bangunan kuno dan megah berlantai dua ini setelah kemerdekaan dipakai sebagai kantor Djawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia (DKARI) atau sekarang PT Kereta Api Indonesia. Yang menarik dari Lawang Sewu adalah suasana mistisnya yang dilengkapi dengan arsitektur megah khas jaman dahulu. Gedung Lawang Sewu juga mempunyai lantai bawah tanah yang dulunya difungsikan sebagai penjara.

3. Arsitektur Khas Tiong Hoa - Klenteng Sam Po kong

Tempat wisata di Semarang ketiga adalah klenteng Sam Po Kong terletak di Gedung Batu. Klenteng ini merupakan salah satu obyek wisata yang wajib Anda masukan dalam daftar kunjungan. Klenteng Sam Po Kong memiliki keindahan arsitektur Tiong Hoa yang khas dan berkunjung ke tempat ini Anda akan disuguhkan dengan kisah legendaris dari Laksamana Cheng Ho. Di sini juga terdapat Patung Cheng Ho setinggi 10 meter dan teritinggi di Asia Tenggara yang di datangkan langsung dari Cina.

4. Kota Lama

Tempat wisata di Semarang yang tidak kalah menarik adalah Kota Lama. Tempat ini merupakan salah satu tempat yang patut di kunjungi jika Anda menyenangi suasana yang kental akan nilai historis Indonesia. Disebut kota lama mungkin karena tempat ini merupakan daerah atau kompleks yang masih memberikan nuansa alami kehidupan tempo dulu, yang terlihat dari bangunan-bangunan tua zaman kolonial dahulu. Stasiun kereta Api Tawang, Nilmij, Marba, Taman Sri Gunting, Gereja Gedangan, Marabunat dan De Speigel adalah bangunan yang memperlihatkan gaya arsitektur Eropa pada abad 17.

5. Pantai Marina

Pantai Marina adalah salah satu tempat rekreasi yang berada di kota Semarang, tepatnya di jalan Yos Sudarso, kurang lebih 4 km dari Tugu muda dan bersebelahan dengan Puri Mareokoco. Jaraknya hanya beberapa ratus meter dari Bandara Ahmad Yani.Pantai ini menyimpan pemandangan eksotis khas kota Semarang. Akses untuk menuju ke pantai ini sangatlah mudah. Karena banyak pepohonan rindang di pintu masuk, menyebabkan pantai ini tidak terasa panas. Pepohonan yang rindang ditambah dengan suara debur ombak yang menerpa tembok pembatas yang dibangun mengelilingi pantai, makin menambah keindahan pantai ini. Dengan keamanan yang terjamin, para pengunjung dapat berenang dan bermain pasir dengan nyaman.

6. Air Terjun Kali Pancur

Air Terjun Kali Pancur adalah salah satu tempat wisata di Semarang yang paling terkenal untuk kategori tempat wisata alam. Air Terjun Kali Pancur berlokasi di Desa Nogosaren, Semarang, mempunyai ketinggian air terjun sekitar 150 meter , dihiasi bebatuan alam yang ditumbuhi pepohonan hijau, dan memiliki beberapa goa walet . Sebelum Anda datang berkunjung ke tempat wisata Air Terjun Kali Pancur, sebaiknya Anda mempersiapkan diri terlebih dahulu, karena Anda kan melewati sekitar 900 anak tangga yang cukup melelahkan untuk dapat menikmati keindahan Air Terjun Kali Pancur.

7. Pagoda Buddhagaya Watugong

Pagoda Buddhagaya Watugong adalah pagoda dengan ketinggian lebih dari 45 meter dan merupakan pagoda tertinggi di Indonesia. Wisata religi bagi mereka yang beragama Budha ini menyuguhkan pemandangan dan ornamen indah, yang terdiri dari tujuh tingkat. Setiap tingkat memiliki patung Dewi Kwan In yang berjumlah 4 buah dan menghadap keempat penjuru. Tempat ini telah dibangun pada tahun 1957 dan kemudian dibangun Pagoda Avalokitesvara. Jika anda penyuka seni arsitektur bangunan, tidak ada salahnya datang ke Pagoda ini.

Selain tempat-tempat wisata yang menarik, Semarang juga menjadi incaran bagi para pecinta wisata kuliner. Dalam membahas kota Semarang kali ini Simasnet juga akan memberikan 7 rekomendasi kuliner khas Semarang yang terkenal dan wajib Anda coba.

1. Lumpia Semarang

Kuliner khas peranakan China ini telah melekat kuat sebagai kuliner khas Semarang. Ada empat sentra utama penjajal lumpia. Yaitu di Gang Lombok, Jalan Pemuda, Jalan Mataram, serta Jalan Pandanaran Semarang.Mereka menyediakan dua jenis lumpia, basah dan goreng. Anda dapat memilih sesuai selera Anda. Kelezatan Lumpia Semarang sudah sangat terkenal. Kulit lumpia yang terasa lembut dengan isian yang padat. Paduan rebung muda, udang dan telor terasa pas dan tidak berbau, enak dinikmati bersama saus dan daun bawang segar. Selain udang, kini juga tersedia banyak isian lain seperti ayam dan kepiting

2. Tahu Gimbal

Racikan tahu gimbalini terdiri dari potongan tahu goreng, lontong, tauge, telur ceplok, rajangan kubis mentah dan gimbal.  Gimbal sendiri berwujud bakwan udang. Biasanya si penjual tidak mengiris lontong, tahu dan gimbal dengan pisau, melainkan mengguntingnya dengan gunting besi bergagang hitam. Kemudian, campuran bahan itu diguyur saus kacang petis udang.

3. Bandeng Presto

Bandeng presto ialah bandeng yang dimasak dalam panci bertekanan tinggi (presto). Dikemas dalam kemasan kedap udara, bandeng presto bisa awet bermingu-minggu jika disimpan dalam kulkas. Biasanya, bandeng presto digoreng begitu saja atau dibalut telur. Tersedia sambal khusus sebagai pelengkap. Enak dibuat cocolan bandeng untuk disantap dengan nasi putih yang pulen panas.

4. Wingko Babat

Makanan khas Semarang ini dikemas dalam besek atau kardus kotak, biasanya muat 20 bungkus. Wingko sendiri merupakan jajanan yang terbuat dari ulenan beras ketan dan kelapa yang dibakar. Rasanya gurih dan awet 2-5 hari walau dibuat tanpa bahan pengawet. Kini tersedia beragam varian rasa, mulai dari kelapa muda, nangka, coklat hingga durian.

5. Kue Lekker Paimo

Yang istimewa dari kue lekker Paimo ialah sambal pedas dan isian yang unik. Kalau biasanya kue lekker tersaji tipis dengan isian gula pasir, meises ataupun potongan pisang, maka kue lekker Paimo tersaji dalam dua ketebalan. Yang tipis kering disebut tipker. Ada pilihan karamel dan coklat. Sedangkan yang tebal memiliki varian isi antara lain telur sosis keju, keju abon, jagung manis, hingga telur sosis tuna keju. Nikmati selagi panas dan rasakan juga sedapnya irisan daun bawang yang ditabur dalam isian kue lekker tebal ini.

6. Es Cong Lik

Es puter khas Semarang ini terkenal karena cita rasa buah yang segar. Tersedia 10 varian rasa hasil olahan buah tanpa bahan pengawet. Antara lain coklat, sirsak, kopyor, leci, kelengkeng hingga belewah dan kacang ijo. Yang populer ialah durian dan alpukat. Cong Lik sendiri berasal dari kata "Kacung Cilik" atau pembantu kecil. Sebab pemilik es puter ini, Sukimin, saat kanak-kanak dulu pernah menjadi pelayan orang Jepang yang tinggal di Hotel Jansen, Semarang. Dulu Sukimin memulai bisnis es puter di malam hari sebab tidak mampu menyewa warung untuk jualan.

7. Mi kopyok (Mi Lontong)

Makanan yang dijual di pagi hari ini berupa mie kuning dicampur tauge dan remah karak atau gendar, semacam kerupuk dari nasi. Kemudian, disiram kuah berupa air bawang putih, ditaburi daun seledri dan bawang goreng lalu diberi kecap manis. Meski membuat mie kopyok sangat mudah, biasanya orang Semarang suka membelinya di warung tenda makan yang menyediakan mi kopyok.

Apakah Anda tertarik untuk datang berlibur di kota Semarang? Kemanapun Anda berlibur, jangan pernah lupa untuk memperlengkapi liburan Anda dengan Asuransi Perjalanan SimasnetAsuransi Perjalanan Simasnet Memberikan perlindungan yang lengkap dan terpercaya bagi kenyamanan perjalanan Anda.

Asuransi Simasnet
Cepat, Mudah & Terlindungi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar