Selasa, 15 Desember 2015

Simak 7 Tips Membeli Mobil Bekas Murah dan Berkualitas !


Minat terhadap mobil bekas di Indonesia masih sangat besar. Hal ini terjadi tidak lain karena harga yang ditawarkan dengan membeli mobil bekas jauh lebih murah dibanding dengan membeli mobil dengan jenis dan model yang sama yang masih dalam kondisi baru. Namun Para pembeli mobil bekas sering kali kebingungan dengan aspek-aspek apa saja yang harus diperhatikan dalam membeli mobil bekas, karena meskipun membeli dengan harga yang murah, tentu Anda juga ingin memiliki mobil dengan kondisi dan kualitas yang masih bagus. Berikut adalah tips dalam membeli mobil bekas agar Anda bisa mendapatkan mobil bekas yang murah dan berkualitas.

1. Tentukan Budget Anda
Anda harus menentukan anggaran yang pasti dari awal merencanakan pembelian mobil, sehingga dalam pencarian nanti Anda bisa fokus dengan jenis mobil yang sesuai dengan anggaran kantong Anda. Jangan terlalu memaksa menambah anggaran yang mungkin akan memberatkan Anda dikemudian hari.

2. Pilih Jenis mobil yang Sesuai Kebutuhan
Begitu banyak jenis mobil yang tersedia dipasaran, namun sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu mobil seperti apa yang bisa menjawab kebutuhan tranportasi Anda. Sekarang ini produsen mobil semakin mengsegmentasi jenis mobil sesuai dengan fungsinya. Seperti mobil minibus yang cocok untuk Anda yang memiliki anggota keluarga yang cukup banyak seperti Toyota Kijang, Honda Mobilio, Suzuki Ertiga, dll. Ada juga jenis citycar atau jenis mobil kecil seperti Honda Jazz, Toyota Yaris, Suzuki Swift, dll. Apa pula jenis mobil sport dengan spesifikasi khusus yang dapat melewati medan yang cukup berat seperti Nissan X-trail, Mitsubishi Pajero, Toyota Fortuner, dll. Pilihlah jenis mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda sehari-hari agar mobil yang Anda beli nantinya dapat berfungsi secara maksimal.

3. Pikirkan Untuk Perawatan Kedepannya
Jika Anda mengincar mobil bekas dari pabrikan Jepang, maka Anda bisa menomorduakan urusan mengenai mesinnya karena biasanya mobil pabrikan negara Sakura memiliki mesin yang cukup tangguh dan perawatannya yang cukup murah. Namun lain halnya jika Anda mengincar mobil bekas dari pabrikan Eropa maupun Amerika. Kondisi dapur pacu mobil merupakan nomor satu yang wajib Anda perhatikan. Karena bila onderdil mesin tersebut memerlukan penggantian Anda perlu menggantinya dengan onderdil mobil Eropa ataupun Amerika yang terkenal mahal.

4. Lakukan Survei Secara Online
Carilah informasi mengenai spesifikasi dan harga mobil bekas yang Anda incar di internet. Karena di jaman digital ini Anda bisa langsung membandingkan beberapa informasi dari berbagai sumber melaui media internet. Termasuk spesifikasi dan harga pasaran dari mobil yang Anda incar.

5. Lakukan Pengecekan Kondisi Fisik & Test Drive
Proses ini memerlukan waktu yang cukup lama. Sebaiknya Anda lakukan di siang hari agar semua bagian dari mobil dapat terlihat jelas dan detail. Lakukan pengecekan secara teliti sampai bagian terkecil. Dengarkanlah deru mobil saat menyala, jika Anda mendengar suara yang aneh sedikit saja, jangan ragu untuk bertanya. Anda juga wajib melakukan test drive untuk mengetahui kenyamanan dan kestabilannya.

6. Periksa Dokumen Legalitas Mobil
Selesai melakukan pengecekan fisik mobil, apabila sudah cocok dengan kriteria mobil yang Anda inginkan. Lakukan pemeriksaan terhadap dokumen-dokumen legalitas mobil tersebut. Mulai dari BPKP dan STNK asli, jangan lupa lakukan pengecekan/pencocokan nomor mesin dan nomor rangkanya dibagian mobil apakah sama dan masih jelas. Kemudian periksa juga faktur pembeliannya. Anda bisa melakukan pengecekan atau konfirmasi ke kepolisan untuk mengecek apakah surat-surat tersebut asli dan bukan merupakan mobil hasil curian.

7. Lengkapi Dengan Asuransi Mobil Simasnet
Segera berikan perlindungan bagi mobil Anda dari risiko-risiko yang dapat dialami oleh mobil Anda seperti kecelakaan, kerugian pihak ketiga akibat kecelakaan, maupun kehilangan mobil dapat dialihkan kepada pihak perusahaan asuransi. Asuransi Mobil dari Simasnet memberikan jaminan asuransi yang lengkap sebagai perlindungan atas kendaraan Anda dari berbagai risiko. Dapatkan informasi lebih lengkap mengenai jaminan Asuransi mobil dari Simasnet disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar