Rabu, 30 Desember 2015

7 Jenis Diet Yang Populer di Indonesia


Apakah memiliki Tubuh yang lebih sehat dan langsing menjadi salah satu impian Anda di tahun depan? Jika iya, mungkin Anda perlu melakukan diet. Ada berbagai diet yang populer di Indonesia. Mungkin sebagian dari Anda pernah mencobanya, atau mungkin ingin mencobanya? Yang pasti, disarankan untuk memilih metode diet yang paling cocok untuk Anda. Karena tidak semua metode diet cocok untuk semua orang, jadi ada baiknya sebelum melakukan diet, konsultasikan pada dokter terlebih dahulu untuk mendapatkan hasil terbaik. Berikut adalah 7 Jenis Diet yang paling terkenal di Indonesia :

1. OCD
Metode Diet OCD (Obsessive Corbuzier's Diet) yang diperkenalkan oleh Deddy Corbuzier ini memang menarik perhatian khalayak. Tidak tanggung-tanggung peminatnya muncul dari berbagai kalangan masyarakat mulai dari masyarakat biasa hingga kalangan selebritis sekalipun. Ditambah lagi pengakuan banyak pihak tentang hasil maksimal dari metode ini. Pastinya anda yang ingin menurunkan berat badan pun tertarik ingin mengetahui cara menjalankan metode tersebut.
Metode diet yang ditawarkan sang master Deddy Corbuzier ini memang tergolong unik dan menerobos metode-metode diet konvesional sebelumnya. Jika diet-diet yang lain hanya berupa pengurangan porsi makan dan batasan-batasan jenis makanan saja. Maka diet OCD ini memperbolehkan anda makan sesuka anda pada waktu tertentu.
Ada istilah menarik yang diterapkan dalam menjalankan metode diet OCD ini yang dinamakan "Jendela Makan".  Jendela makan disini dimaksudkan sebagai pengaturan waktu dimana anda boleh makan apapun dalam waktu yang ditentukan dan waktu sisahnya adalah puasa makan namun masih boleh minum minuman yang tidak berkalori seperti air mineral, teh tawar, kopi pahit, dan serta minuman yang tidak mengandung gula maupun kalori.

2. Diet Carbo
Anda tidak perlu sepenuhnya meninggalkan karbohidrat. Anda cukup menguranginya saja. Jika Anda tidak mengkonsumsinya sama sekali, maka justru akan membuat metabolisme tubuh jadi terganggu. Diet karbo ini hanya akan mengurangi porsi karbohidrat agar tidak berlebihan. Seperti mrngurangi makan nasi putih, mie, atau suber-suber karbohidrat lain yang biasa Anda konsumsi. Alternatif yang bisa menggantikan nasi sebagai sumber karbohidrat kita adalah nasi merah, olahan gandum (roti gandum, oatmeal, barley), kentang, singkong, umbi-umbian dan pisang. Saat menjalankan program diet ini,
Anda memang harus berusaha keras untuk mengurangi karbohidrat yang mengandung banyak kadar gula. Namun, bukan berarti Anda boleh menambah porsi protein dan lemak. Pilih dengan baik makanan yang akan dikonsumsi selama mengikuti program diet ini agar terhindar dari resiko-resiko lain. Pada dasarnya, menu yang sesuai untuk diet ini sama seperti diet lainnya. Anda disarankan untuk tetap memperbanyak buah dan sayuran. kombinasi yang seimbang tentu sangat berpengaruh untuk kesuksesan diet ini.

3. Diet Mayo
Diet mayo dipercaya ampuh menurunkan berat badan dalam waktu cepat tanpa merusak pola makan sehari-hari, dan tidak akan membuat pelaku merasa tersiksa.  Cara dengan diet ini telah diselidiki bahwa keadaan kimia di dalam tubuh menjadi lebih baik, sehingga tidak ada kemungkinan untuk menjadi gemuk lagi, asalkan pada hari 14 makannya secara normal (tidak berlebihan). Cukup dilakukan 1 kali setahun.
Yang perlu diperhatikan apabila kita lupa makan sesuatu yang menyimpang dari diet ini, misalnya sudah mau selesai (misalnya hari ke 12) maka diet ini harus diulangi lagi dari hari 1. Sebab memang berat badan kita turun, tetapi kemungkinan untuk bisa gemuk lagi akan terjadi dengan penyimpangan tersebut. Pantangan pada diet mayo ini adalah garam atau asin dan syarat agar diet ini berhasil, Anda harus minum 8 gelas air putih setiap hari, jangan air es, minimal 2 L/hari

4. Diet Vegetarian
Menurut definisi, diet vegetarian tidak makan daging, unggas, atau ikan. Mereka tidak makan apapun yang berasal dari hewan, termasuk susu, telur, dan madu. Alasan orang memilih mengikuti diet vegetarian bisa karena berbagai alasan, termasuk demi kesehatan, tidak mau mematikan hewan untuk dikonsumsi(penyayang hewan), alasan lingkungan(go green), kepercayaan, hingga hanya karena tidak berselera makan segala daging.
Manfaat vegetarian sudah terbukti secara klinis, karena beberapa studi yang telah dilakukan dalam dekade terakhir ini telah menunjukkan bahwa orang yang mengikuti diet vegetarian akan :Memiliki berat badan yang lebih rendah, Tingkat kolesterol yang lebih baik, Berisiko lebih rendah terkena kanker & beberapa penyakit lainnya.

5. Diet Blood Type
Diet golongan darah atau blood type diet merupakan diet yang disesuaikan dengan golongan darah untuk menurunkan berat badan. Hal ini dikarekanan golongan darah sangat mempengaruhi sistem pencernaan dan metabolisme di dalam tubuh. Dengan menu makanan yang tepat, dapat membuat Anda lebih berenergi, mencegah berbagai macam serangan penyakit dan membakar lemak secara menyeluruh.
Diet Golongan Darah O, menu diet yang disarankan: Sayuran hijau, makanan rendah karbohidrat dan tinggi protein. Batasi asupan biji-bijan, roti, kacang-kacangan. Golongan Darah A, menu diet yang disarankan: Disarankan mengonsumsi makanan berkadar karbohidrat tinggi, namun rendah lemak. Dianjurkan untuk menjadi vegetarian, merujuk pada protein nabati, seperti kedelai, biji-bijian, dan perbanyak konsumsi sayuran organik.
Diet Golongan Darah B, menu diet yang disarankan: Diperbolehkan makan apa saja dengan memperbanyak asupan protein. Namun sebaiknya tidak mengonsumsi daging, gandum-ganduman, jagung dan lentil.Diet Golongan Darah AB, menu diet yang disarankan: Lebih condong pada menu seafood, tahu, dan susu. Tidak dianjurkan makan daging merah, ayam, daging sapi daging babi dan membatasi karbohidrat.

6. Diet Air Putih
Diet air putih masih menjadi pilihan banyak pelaku diet untuk membantumenurunkan berat badan. Air putih mengandung nol kalori sehingga baik untuk tubuh. Air putih banyak manfaatnya untuk tubuh, diantaranya adalah untuk menjaga kesegaran, membantu pencernaan dan mengeluarkan racun.
Cara Melakukan Diet Air Putih
1. Minum minimal delapan gelas air putih setiap hari. Dengan rutin mengkonsumsi air putih 8 gelas setiap hari dapat membantu ginjal dan hati dalam bekerja. Selain itu juga untuk membuat metabolisme tubuh tetap terjaga sehingga akan menjaga
2. Minum 2 gelas air putih sebelum makan. Dua gelas air putih sebelum makan dapat menimbulkan efek kenyang. Sehingga Anda tidak akan berlebihan saat makan atau cenderung mengurangi porsi makan Anda.

7. Diet kolestrol
Pada pelaku diet ini, cobalah untuk makan dalam porsi yang sedikit namun dengan frekuensi tinggi. Hindarilah makanan yang mengandung lemak jenuh, dimana pada umumnya lemak jenuh terdapat pada daging sapi, kambing, babi, susu full cream atau susu murni, jerohan, mentega, kuning telur, dan keju. Disamping bahaya lemak jenuh pada lemak hewani tersebut, masih terdapat ancaman yang dihindari dari lemak nabati, seperti halnya minyak kacang dan minyak kelapa sawit.Jadi intinya, kurangi makanan yang melalui proses goreng-gorengan. Jikapun sudah terlanjur mengonsumsi, imbangkan dengan berolahraga. Dengan harapan, lemak jenuh dapat terbakar habis menjadi energi.Kurangi pula makanan yang mengandung kaya gula, seperti es krim, cokelat, soft drink, gula-gula, dan lainnya.

Pada dasarnya diet merupakan pengaturan pola makan yang bertujuan untuk membuat tubuh lebih sehat, namun seiring perkembangannya, ada banyak jenis diet yang ditujukan untuk menurunkan berat badan. Sehingga sampai dengan saat ini diet identik dengan yang namanya penurunan berat badan. Namun Anda tidak boleh melupakan esensi dasar dari diet itu sendiri, yaitu untuk kesehatan. Jangan sampai karena memaksakan diet yang berlebihan, tubuh Anda malah menjadi tidak sehat atau berbahaya bagi diri sendiri. Menjaga diri sendiri adalah hal yang mutlak dilakukan oleh semua orang, maka pola hidup yang sehat dan proteksi diri terhadap kecelakaan harus dimiliki oleh semua orang, agar bisa menjalani hari-hari dengan maksimal.

Asuransi Simasnet,
Cepat, Mudah & Terlindungi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar