Senin, 25 Januari 2016

Tips Agar Mobil Matic Irit Bahan Bakar


Mobil matic sering menjadi pilihan bagi mereka yang tinggal di perkotaan. Padatnya jalanan di kota sehingga harus sering memainkan gas dan rem menjadi alasan kenapa banyak orang yang hidup di kota lebih memilih mobil matic daripada harus memakai mobil dengan transmisi manual.
Namun sayang, sama seperti pada motor matic, mobil matic juga dikenal lebih boros bahan bakar ketimbang manual. Meski demikian, Anda yang menjatuhkan pilihan pada mobil matic tidak perlu khawatir. Karena, Anda bisa menerapkan beberapa tips agar mobil matic bisa tetap irit bahan bakar. Berikut adalah beberapa tips agar mobil matic Anda tetap irit.

1. Tekan Pedal Gas Perlahan
Saat pertama kali kendaraan melaju, Anda cukup menekan pedal gas secara perlahan dan tidak terlalu dalam saat pertama kali kendaraan melaju. Sebab, dengan memasukan tuas D saja, mobil sudah bisa meluncur secara otomatis tanpa perlu menginjak gas.

2. Perhatikan Posisi RPM
Usahakan pada saat mengoperasikan mobil posisi RPM berada di kisaraan 2.500-3.000 RPM agar tenaga yang dihasilkan juga tidak terlalu besar.

3. Kecepatan yang konstan
Operasikan mobil dengan kecepatan konstan dan hindari pengereman secara mendadak. Semakin sering Anda menginjak pedal rem, tentu akan semakin sering juga Anda menginjak pedal gas. Padahal, ketika pedal gas diinjak pertama kali, mobil akan memerlukan tenaga lebih besar untuk bisa berakselerasi. Hasilnya bisa ditebak, konsumsi bahan bakar akan makin boros.

4. Perhatikan Jarak Aman
Memperhatikan jarak aman dengan kendaraan yang berada di depan juga perlu. Hal ini tidak hanya berkaitan dengan kemungkinan terjadinya tabrakan akibat pengereman mendadak. Namun, jarak aman juga berhubungan dengan jumlah konsumsi bahan bakar. Ingat, semakin dalam pengemudi melakukan pengereman maka semakin besar porsi penggunaan bahan bakar saat menginjak pedal gas nantinya.
Dengan menjaga jarakan aman, maka apabila kendaraan di depan melakukan pengereman, Anda bisa menurunkan kecepatan secara perlahan, sehingga ketika ingin berakselerasi kembali tidak banyak tenaga yang terbuang.

5. Saat Terjebak Kemacetan
Apabila Anda terjebak kemacetan, Anda bisa menempatkan tuas transmisi pada posisi 2/S, yang berarti kendaraan sedang melaju dalam kecepatan gigi 1-2 pada transmisi manual. Pada posisi ini, terdapat engine break yang fungsinya mel
akukan pengereman mesin. Dengan begitu, Anda tidak perlu terlalu sering menginjak pedal rem.
Namun jika macetnya adalah karena Anda menunggu lampu lalu lintas, maka sebaiknya pindahkan saja tuas ke posisi N (Neutral), sehingga kendaraan akan berhenti melaju.

6. Kurangi Penggunaan AC
Hal yang tak kalah pentingnya untuk menghemat bahan bakar adalah masalah penggunaan pendingin udara. Upayakan untuk tidak menggunakan pendingin dalam temperatur maksimal dan cukup diatur dalam posisi setengah saja.
Perlu Anda ketahui bahwa penggunaan pendingin udara yang besar membutuhkan asupan tenaga yang besar juga sehingga penggunaan bahan bakar jadi lebih banyak.

7. Perbaiki selalu mobil Anda di tempat yang terpercaya
Selain cara mengemudi, Anda juga harus memperhatikan bagaimana sparepart dan intalasi dari mesin mobil Anda. Salah-salah bisa terjadi kebocoran yang bukan hanya membuang bahan bakar Anda secara percuma, tapi juga bisa berbahaya bagi keselematan Anda juga kebocoran tersebut memicu api. Untuk itu ada harus memastikan setiap kali Anda merawat atau memperbaiki mobil Anda, Sebaiknya Anda membawanya ke tempat yang bisa dipercaya. Misalnya adalah bengkel authorized. Karena para teknisi sudah memiliki sertifikat dan sparepart yang disediakan pun dijamin asli dan berkualitas baik.

Sekarang Dengan Asuransi Mobil Simasnet. Anda bisa mendapatkan rate premi termurah dan juga bisa melakukan klaim di bengkel authorized mana saja. Asuransi mobil Simasnet memberikan jaminan yang lengkap namun tetap dengan harga yang bersahabat. Dengan keunggulan rate premi yang termurah dan bisa melakukan klaim di bengkel authorized mana saja, Simasnet hadir untuk menjawab kebutuhan Anda. Dapatkan info selengkapnya dari Asuransi Mobil Simasnet disini.

Asuransi Simasnet,
Cepat, Mudah & Terlindungi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar