Senin, 04 Januari 2016

7 Aplikasi yang membuat Smartwatch Anda semakin Smart


Setelah sebelumnya kita melewati sebuah era yang disebut Steve Jobs dengan era post-pc dimana orang mulai beralih dari komputasi desktop ke mobile, kini kita telah mulai melakukan transisi ke era baru dimana orang mulai berinteraksi dengan perangkat yang mereka miliki melalui teknologi wearable khususnya di ranah smartwatch.
Saat ini ada sangat banyak jenis smartwatch yang bisa Anda pilih. Android punya Android Wear sementara iOS punya Apple Watch. Sedangkan bagi yang ingin punya pilihan lain, ada Pebble. Seperti namanya, fungsi smartwatch lebih dari sekadar penunjuk waktu saja. Selain dapat tersambung dengan Smartphone untuk menerima panggilan atau berkirim pesan, Anda dapat menginstal aplikasi tambahan untuk meningkatkan fungsinya. Berikut ini adalah 7 aplikasi yang akan membuat smartwatch Anda semakin smart :
1.Mengendalikan GoPro
Biasanya, fungsi action camera GoPro dapat dikendalikan dengan aksesori Smart Remote atau aplikasi ponsel. Kini, apabila Anda pengguna Apple Watch, cukup menggunakan aplikasi resmi dari GoPro. Selain sebagai viewfinder, aplikasi ini dapat digunakan juga untuk mengendalikan proses rekaman. Cara ini tentu lebih mudah ketimbang harus sesekali mengeluarkan ponsel dari saku.
2.Merekam Suara
Buat Anda yang ingin merekam presentasi di ruang kelas, wawancara, hasil latihan musik Anda atau hanya sekedar percakapan lucu orang di sebelah Anda, Wear Audio Recorder adalah solusinya. Tampilan aplikasi untuk Android Wear ini amat simpel, mengikuti panduan desain Google Material. Audio yang direkam akan tersimpan secara otomatis pada Google Drive atau Dropbox. Anda juga bisa merekam dalam kondisi layar mati agar bisa melakukannya secara diam-diam.
3.Mengatur Fungsi Ponsel
Umumnya, mematikan dan menyalakan fitur-fitur ponsel hanya dapat dilakukan dari layar perangkatnya. Pengguna Android Wear dapat melakukannya dengan lebih gaya dan lebih cepat langsung dari pergelangan tangan mereka. Menggunakan aplikasi bernama Toggles Wear, pengaturan seperti volume, Wi-FI, Bluetooth, dan Airplane Mode dapat diakses pada satu tampilan layar. Selain itu, informasi seperti sisa baterai atau penggunaan data internet juga dapat dilihat dari sini.
4.Alarm Cerdas
Pada smartwatch Pebble, terdapat fitur sensor gerakan bernama Accelerometer. Dikombindasikan dengan aplikasi Morpheuz, Anda dapat memonitor aktivitas tidur Anda di malam hari. Morpheuz akan mendeteksi fase tidur berdasarkan gerakan Anda. Fitur alarm yang ada di dalamnya akan membangunkan Anda berdasarkan fase tidur dengan getaran yang frekuensinya meningkat secara progresif. Aplikasi ini dapat disambungkan dengan aplikasi pendukung untuk iOS dan Android.
5.Pengingat Menaruh Ponsel
Aplikasi Wear Aware akan menghindarkan Anda dari kebiasaan lupa menaruh ponsel. Aplikasi ini secara otomatis akan menjadi smartwatch Android Wear sebagai pengingat jika koneksi Bluetooth dengan ponsel/tablet Android Anda terputus. Selain itu Anda juga bisa menggunakan perintah suara "OK Google Start Phone Finder" untuk mencari ponsel Anda.
6.Mencatat Sesi Olah Raga
Saat ini ada banyak aplikasi fitness yang populer. Dengan aplikasi ini, Anda bisa mencatat aktivitas olahraga Anda, seperti berlari, bersepeda, hiking, dan sebagainya. Apabila Anda memasangnya di Sony SmartWatch 3 yang dilengkapi fitur GPS, tidak perlu membawa ponsel. Modus standalone-nya menyimpan semua data sesi olah raga Anda.
7.Memonitor Kondisi Vital Pasien
Aplikasi Smart yang terakhir adalah aplikasi yang dinilai sangat berguna bagi para pemakainya. Saat memperkenalkan sistem operasi iOS 9 awal September lalu, Apple mendemonstrasikan beberapa aplikasi Apple Watch buatan pihak ketiga. Salah satu yang menyita perhatian adalah AirStrip, yang memungkinkan dokter memonitor kondisi pasien pengidap penyakit kronis, seperti jantung dan diabetes, dari jauh.Dengan aplikasi ini, pasien tidak perlu ke rumah sakit untuk memeriksa perkembangan kesehatan mereka. Tidak hanya itu, dengan aplikasi ini, ibu hamil juga dapat mendengarkan detak jantung bayi yang dikandungnya. Aplikasi ini juga mampu mendeteksi jika terjadi masalah dengan jantung penggunanya cara mengidentifikasi bunyi aliran darah yang sedang bergerak melewati pembuluh darah yang tersumbat oleh plak. Berdasarkan cara kerja tersebut, alat ini akan mampu memperingatkan pemakainya untuk segera mencari pertolongan medis.
Memanfaatkan hasil kemajuan teknologi seperti smartwatch Ini sudah mulai menjadi trend di Indonesia, meski penggunanya belum sebanyak di luar negeri. Namun seiring tingkat kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan, maka diperdiksi bahwa trend smartwatch akan terus bertumbuh di tahun 2016 ini. Selain menjaga kesehatan, kita juga harus melindungi diri kita dari kecelakaan yang dapat mengancam keselamatan diri setiap saat. Untuk itu bersikap hati-hati dan memiliki jaminan dari asuransi kecelakaan diriharuslah menjadi hal yang patut dimiliki.
Asuransi Simasnet
Cepat, mudah & Terlindungi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar