Senin, 11 Januari 2016

Tips Menghindari Tindakan Nakal Bengkel

Keberadaan bengkel dengan montir yang nakal bukanlah isapan jempol semata. Saat ini memang banyak bengkel nakal yang hanya berfokus untuk mengeruk keuntungan sebanyak-banyaknya. Namun Anda bisa menghindari untuk berurusan dengan bengkel seperti ini. Berikut beberapa tips untuk menghindari tindakan-tindakan 'nakal' dari bengkel yang terjadi :

1. Pilihlah bengkel dengan kredebilitas yang baik.
Minta referensi pada kerabat dan teman Anda, pastikan bahwa bengkel tersebut sudah terpercaya mampu memberikan pelayanan yang baik bagi customernya, baik dari segi teknis maupun servicenya.

2. Mintalah penjelasan secara rinci mengenai kondisi kendaraan Anda.
Saat pertama kali Anda di bengkel perhatikan cara mereka melayani Anda. Apakah mereka memperhatikan penjelasan Anda soal masalah yang terjadi pada mobil Anda? Apakah mereka memberi penjelasan tentang perkiraan masalah dan servis yang akan mereka berikan? Apakah mereka memberikan kesempatan pada Anda untuk berdiskusi/ memilih? Jika semua pihak bengkel tidak memberikan informasi yang terinci mengenai kendaraan Anda, maka ada baiknya Anda lah yang harus bersikap proaktif untuk meminta penjelasan tentang kondisi kendaraan Anda.

3. Mintalah daftar pengerjaan yang akan dilakukan.
Jika sudah memutuskan untuk melakukan servis di bengkel tersebut, mintalah daftar pekerjaan yang akan dilakukan dan perincian biayanya. Hal ini akan menutup sedikit celah untuk montir nakal. Selain untuk menghindari tindakan nakal, hal ini juga berguna bagi Anda untuk memantau seberapa jauh perbaikan mobil Anda yang telah dikerjakan.

4. Mintalah estimasi biaya dan waktu.
Jika mobil Anda memerlukan servis yang tergolong besar mintalah estimasi biaya yang harus Anda bayarkan dan estimasi waktu terlama yang mereka butuhkan. Sehingga Anda bisa memriksa kisaran harga setiap pengerjaan atau sparepart yang perlu diganti, apakah wajar atau tidak. Pastikan mereka harus meminta persetujuan Anda sebelum melakukan perbaikan atau mengganti sparepart dari mobil Anda. Begitu juga jika ternyata pekerjaan memakan waktu lebih lama dari perkiraan awal.

5. Mintalah spareparts lama dalam kemasan spareparts baru.
Mintalah spareparts lama dalam kemasan spareparts baru jika terjadi penggantian spareparts, untuk memastikan bahwa telah terjadi pergantian. Dan sparepart penggantinya pun harus sesuai dengan yang telah Anda setujui.

6. Lakukan pengecekan dan tes drive sebelum Anda membawa pulang kendaraan Anda.
Lakukan pengecekan secara cermat terhadap kendaraan Anda, pastikan tidak ada bagian/panel lain yang hilang atau rusak. Lakukan juga pengecekan terhadap sparepart yang baru diganti, apakah sudah terpasang dan berfungsi dengan baik, juga sesuai dengan kemasan yang diberikan kepada Anda. Lalu lakukan tes kendaraan Anda sebelum menyelesaikan administrasi. Pastikan kendaraan Anda tetap nyaman untuk dikendarai, jika ada hal yang jangal, jangan ragu untuk bertanya dan meminta perbaikan kembali.

7. Utamakan membawa mobil anda ke bengkel yang resmi (authorized).
Bengkel resmi tentunya akan lebih terpercaya karena setiap teknisinya telah memiliki sertifikat uji pelayanan. Suku cadang yang disediakan pun dijamin aslil dan berkualitas. Memang biaya yang dibandrol relatif lebih mahal, namun sekarang dengan rate premi termurah dari Asuransi Mobil Simasnet, Anda bisa melakukan klaim di bengkel authorized mana saja. Selain itu Anda juga mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan berbagai hadiah menarik sampai dengan iphone 6 dari Asuransi Simasnet.

Asuransi Simasnet,
Cepat, mudah & terlindungi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar